Bus karoseri Laksana diekspor ke Bangladesh

Jakarta – Perusahaan karoseri bus yang berbasis di Ungaran, Jawa Tengah, Laksana akan mengekspor bus buatannya ke Bangladesh. Sebelumnya, Laksana sudah mengekspor bus ke Fiji dan kini akan memperluas pasar ekspor ke Bangladesh.

Direktur Teknik Laksana Bus, Stefan Arman, mengatakan bus yang akan diekspor ke Bangladesh adalah bus yang sudah meluncur di Indonesia. Namun, bus tersebut akan disesuaikan dengan regulasi di negara tujuan ekspornya.

“Basisnya itu tipe bus Legacy Sky XHD Prime,” kata Stefan kepada detikOto.

Menurut Stefan, pihaknya menyuplai dan merakit bodi busnya. Sementara sasis dan mesinnya dari Scania.

“Untuk saat ini mesin dan sasis dari Scania. Tapi belum tahu ke depannya seperti apa,” ujar Stefan.

Kini, Laksana sedang menyiapkan prototipe bus yang akan dikirim ke Bangladesh. Prototipe itu dikembangkan dengan menyesuaikan regulasi di negara tersebut.

“Untuk penyesuaian regulasi menyangkut dimensi. Lebih dari segi panjang bus yang berbeda dengan regulasi di Indonesia. Makanya development kita cukup panjang. Soal regulasi safety juga berbeda, seperti jumlah pintu dan sebagainya,” ucapnya.

Rencananya, Laksana tak hanya ingin mengekspor bus ke Bangladesh. Menurut Stefan, pihaknya juga harus menyiapkan layanan purnajual di sana.

“Purnajual juga harus kita siapkan. Kita tidak ingin hanya mengekspor saja tapi nanti malah timbul masalah yang tidak bisa diselesaikan. Makanya diperlukan layanan purnajual,” katanya.

“Jadi ini tidak mudah untuk mengekspor ke sana. Harus dipersiapkan segala halnya, termasuk purnajual,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top