Dishub DKI Jakarta Cek Kelayakan Angkutan Umum AKAP

Jakarta – Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memeriksa kelayakan kendaraan angkutan umum di seluruh Jakarta. Kendaraan yang tidak layak jalan akan distop operasinya. melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan atau ram cek terhadap bus antar kota antar provinsi (AKAP) di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (11/04/2019)

Kepala Terminal Bus Kalideres Revi Zulkarnaen mengatakan, bahwa ram cek pra angkutan lebaran 2019 yang kembali digelar ini melibatkan petugas UP PKB Kedaung Angke, Dalops Dinas Perhubungan Pemprov DKI, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat dan Gakum ditlantas Polda Metro Jaya.

“Dimulai dari kemaren ram cek ini dengan tujuan semua bus yang berangkat dari terminal Kalideres dalam keadaan layak jalan. Apabila kendaraan itu layak jalan tentunya akan diberikan stiker dari Dinas Perhubungan dengan cara ditempel didepan kaca bus tersebut,” ucapnya.

Revi menjelaskan, ram cek pra angkutan lebaran yang di mulai dari tanggal 8 April sampai tanggal 26 April 2019, jumlah yang sudah diperiksa totalnya ada 69 kendaraan. Dan hari ini sudah 10 kendaraan yang diperiksa, 7 kendaraan di nyatakan lulus, sedangkan 3 kendaraan dinyatakan tidak lulus. Seperti kacanya yang sudah retak, tidak dilengkapi alat perlengkapan pemukul kaca, tidak ada kotak obat juga segitiga pengaman.

“Dari pemeriksaan ram cek ini dilihat dari unsur pelanggarannya dan ada tiga unsur yaitu unsur administrasi, unsur utama dan teknis penunjang. Kalau unsur penunjang diberikan surat teguran supaya melengkapi kekurangannya,” terang Revi.

Menurutnya, kenapa ram cek dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya, karena ada masa waktu bagi perusahan bus atau pemilik kendaraan untuk memperbaiki kekurangannya,

“Seperti remnya kurang maksimal sehingga pas di hari lebaran nanti semua kendaraan tersebut di pastikan layak jalan dan calon penumpang pun pada saat perjalanan mudik lebaran merasa aman dan nyaman,,” jelasnya.

Pewarta : Sugeng

Sumber : wartalika.id

1 Comment

  1. GeotextileAgustus 22, 2019

    Pak, kendaraan umum di Jakarta banyak knalpotnya ngebull banget dan hitam, tolong di benahi ya Pak

    makasi Pak

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top