Mengenal Siparlibasi, Aplikasi Pengaduan Parkir Liar di Jakarta Timur

Jakarta – Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur meluncurkan aplikasi mobile pengaduan parkir liar yang diberi nama Siparlibasi. Aplikasi ini dilincurkan pada Jumat (7/9). Lantas seperti apa aplikasi tersebut?
Kasie Ops Sudin Perhubungan Jaktim, Slamet Dahlan, sebagai penggagas aplikasi mengatakan ide berawal dari diklat intansinya sekitar tiga bulan lalu. Ia ingin masyarakat mudah melaporkan parkir liar yang ada di Jakarta Timur.
“Agar masyarakat ikut andil dalam ketertiban umum. Khususnya parkir liar, jadi begitu ada parkir liar, jebret foto, kirim,” kata Dahlan saat dihubungi kumparan, Sabtu (8/9).
Aplikasi Pengaduan Parkir Liar, (NOTCOV)Aplikasi Pengaduan Parkir Liar di Jakarta Timur. (Foto:Fachrul Irwinsyah/kumparan)
Dahlan menjelaskan sebagai pilot project, aplikasi ini hanya mencakup dari Jalan Gunung Antang hingga lampu merah gedung Eks Kodim, Jakarta Timur. Lokasi tersebut dipilih karena banyak pelanggaran.
“Baru di wilayah yang jadi pilot project, Gubung Antang sampai lampu merah Kodim Lama. Ya, karena di situ sebagai pilot project kawasan unggulan kota. Di situ juga banyak pelanggarannya,” jelas Dahlan.
Siparlibasi saat ini hanya tersedia untuk pengguna android. Masyarakat bisa mengunduhnya di Play Store dengan mengetik Siparlibasi.
Aplikasi Pengaduan Parkir Liar di Jakarta TimurKawasan Siparlibasi di Jakarta Timur. (Foto:Fachrul Irwinsyah/kumparan)
kumparan mendapati aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 1.000 pengguna android. Dari sekian banyak pengguna, menurut Dahlan, baru ada satu laporan parkir liar yang berasal dari Siparlibasi.
“Kalau pengaduan banyak banget. Kalau yang melalui aplikasi, karena baru launching kemarin, jadi baru satu,” kata Dahlan.
Sementara itu, Waka Dishub DKI Jakarta Sigit mengapresiasi aplikasi yang dibuat Sudin Perhubungan Jaktim. Menurutnya aplikasi tersebut akan dievaluasi dalam tiga bulan ke depan.
“Ini kan baru dilaunching kemarin, kita evaluasi tiga bulan ini. Mudah-mudahan dalam tiga bulan hasil evaluasinya bisa dikembangkan ke wilayah lain,” kata Sigit.
Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/mengenal-siparlibasi-aplikasi-pengaduan-parkir-liar-di-jakarta-timur-1536391975913343129

12 Comments

  1. mahartiwiSeptember 7, 2019

    klo buat wilayah jakarta utara tepatnya daerah perum green garden jakarta utara untuk melaporkan parkir liar seperti tetangga saya parkir dijalanan yang kebetulan rumah dia & saya depan2an persis & padahal dia punya teras & muat untuk parkir mobilnya juga, itu saya bisa mlakukan laporannya lewat aplikasi itu ?

    Balas
  2. RegiSeptember 13, 2019

    Tolong dong jalan tmii pintu 2bawah banyak mobil parkir di pinggir jalan ,tolong dong tertibkan,mulai dari pintu gerbang tmii pintu 2 bawah

    Balas
  3. YeaniOktober 10, 2019

    Pak tolong ke jln.muhirin no 25 rt03 rw06 cempaka putih ad parkiran mtr yg menganggu warga segera dtg pak mksh

    Balas
  4. DesyNovember 24, 2019

    sy sdh lapor lewar Qlue dan Jaki tentang tetangga sy punya mobil tp tdk punya lahan garasinya, sdh 5bulan parkir di depan garasi mobil sy. Sdh sy lapor trs tp tdk ada tindakannya, jd sy hrs bgmna?
    krna sangat menghalangi akses keluar masuknya mobil sy, kendaraan umumpun jg terganggu dgn mobilny dia. mohon bantuannya trima kasih.

    Balas
  5. SarmanNovember 25, 2019

    Mohon operasi parkir liar di area Menteng atas di perluas lagi dan di laksanakan setiap hari kerja . Serta tidak ada negosiasi lagi dari pelanggar .
    Untuk lokasi jln Menteng atas barat RW 06 ada beberapa mobil yg tidak mengindahkan petugas dishub , padahal sudah ada teguran sebelumnya . Mohon agar ditegur lebih tegas , karena jalanan milik orang banyak & bukan individu .
    Terima kasih bapak bapak petugas .
    Dishub yg terhormat .

    Balas
  6. NapawillhyDesember 10, 2019

    Pak tolong datang ke jl.warga 01 kel cipinang besar selatan kec jatinegara, ada mobil putih di sini, udah 3 hari 3 malsm markir liar di sini, mengganggu ketertiban lalu lintas, jalanan jadi macet

    Balas
  7. mj widijatmoko shDesember 11, 2019

    Tolong pak di polonia muka jl otto iskandardinata 149A gang sempit tiap hari dipakai untuk parkir liar mobil mengganggu aktivitas jalan warga

    Balas
  8. Devi juniartiFebruari 5, 2020

    Izin lapor pak,di jalan wahab utan kayu utara kendaraan warna merah masih terpakir di pinggir jalan , padahal 3 hari lalu sudah di tegur oleh pihak dishub

    Balas
  9. SuyatnoFebruari 12, 2020

    Selamat siang, mohon bantuannya kepada petugas dishub untuk menertibkan Para driver ojol yg berada di depan kantor kami yg beralamat di jl. Pemuda no 33 dan 33b. Kel. Jati. Kec. Pulo gadung. Jakarta timur.
    Karna setiap hari di jadikan tempat mangkal dan sangat menggangu aktifitas kantor kami.
    Mihin segera di respon dan di tindak lanjuti.
    Terima kasih

    Balas
  10. DimasFebruari 18, 2020

    Cara lapor parkir liar?

    Balas
  11. RahmawatiFebruari 21, 2020

    Saya mau komplen d derah taman margasatwa raya pasar minggu dekat smk 57 . Bnyak parkir liar . Tolong d perhatikan

    Balas
  12. RahmatFebruari 26, 2020

    parkir liar sangat menggangu tolong di jl lorong 102 permai koja jakarta utara, jalan jadi sempit banyak yang punya mobil ga punya garasi kalau pun tapi tetap taru di jalan, tolong tindakan tegasnya pak di derek denda yang besar, dll , kalau belum ada undang2xxnya tolong di buat

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top