Mengenal Siparlibasi, Aplikasi Pengaduan Parkir Liar di Jakarta Timur

Jakarta – Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur meluncurkan aplikasi mobile pengaduan parkir liar yang diberi nama Siparlibasi. Aplikasi ini dilincurkan pada Jumat (7/9). Lantas seperti apa aplikasi tersebut?
Kasie Ops Sudin Perhubungan Jaktim, Slamet Dahlan, sebagai penggagas aplikasi mengatakan ide berawal dari diklat intansinya sekitar tiga bulan lalu. Ia ingin masyarakat mudah melaporkan parkir liar yang ada di Jakarta Timur.
“Agar masyarakat ikut andil dalam ketertiban umum. Khususnya parkir liar, jadi begitu ada parkir liar, jebret foto, kirim,” kata Dahlan saat dihubungi kumparan, Sabtu (8/9).
Aplikasi Pengaduan Parkir Liar, (NOTCOV)Aplikasi Pengaduan Parkir Liar di Jakarta Timur. (Foto:Fachrul Irwinsyah/kumparan)
Dahlan menjelaskan sebagai pilot project, aplikasi ini hanya mencakup dari Jalan Gunung Antang hingga lampu merah gedung Eks Kodim, Jakarta Timur. Lokasi tersebut dipilih karena banyak pelanggaran.
“Baru di wilayah yang jadi pilot project, Gubung Antang sampai lampu merah Kodim Lama. Ya, karena di situ sebagai pilot project kawasan unggulan kota. Di situ juga banyak pelanggarannya,” jelas Dahlan.
Siparlibasi saat ini hanya tersedia untuk pengguna android. Masyarakat bisa mengunduhnya di Play Store dengan mengetik Siparlibasi.
Aplikasi Pengaduan Parkir Liar di Jakarta TimurKawasan Siparlibasi di Jakarta Timur. (Foto:Fachrul Irwinsyah/kumparan)
kumparan mendapati aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 1.000 pengguna android. Dari sekian banyak pengguna, menurut Dahlan, baru ada satu laporan parkir liar yang berasal dari Siparlibasi.
“Kalau pengaduan banyak banget. Kalau yang melalui aplikasi, karena baru launching kemarin, jadi baru satu,” kata Dahlan.
Sementara itu, Waka Dishub DKI Jakarta Sigit mengapresiasi aplikasi yang dibuat Sudin Perhubungan Jaktim. Menurutnya aplikasi tersebut akan dievaluasi dalam tiga bulan ke depan.
“Ini kan baru dilaunching kemarin, kita evaluasi tiga bulan ini. Mudah-mudahan dalam tiga bulan hasil evaluasinya bisa dikembangkan ke wilayah lain,” kata Sigit.
Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/mengenal-siparlibasi-aplikasi-pengaduan-parkir-liar-di-jakarta-timur-1536391975913343129

2 Comments

  1. mahartiwiSeptember 7, 2019

    klo buat wilayah jakarta utara tepatnya daerah perum green garden jakarta utara untuk melaporkan parkir liar seperti tetangga saya parkir dijalanan yang kebetulan rumah dia & saya depan2an persis & padahal dia punya teras & muat untuk parkir mobilnya juga, itu saya bisa mlakukan laporannya lewat aplikasi itu ?

    Balas
  2. RegiSeptember 13, 2019

    Tolong dong jalan tmii pintu 2bawah banyak mobil parkir di pinggir jalan ,tolong dong tertibkan,mulai dari pintu gerbang tmii pintu 2 bawah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top