Subbagian Keuangan

  1. Subbagian Keuangan merupakan Satuan Kerja Sekretariat dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan Dinas Perhubungan.
  2. Subbagian Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas.
  3. Subbagian Keuangan mempunyai tugas :
  • menyusun bahan rencana strategis dan rencana kerja dan anggaran Sekretariat sesuai dengan Iingkup tugasnya;
  • melaksanakan rencana strategis dan dokumen pelaksanaan anggaran Sekretariat sesuai dengan Iingkup tugasnya;
  • melaksanakan kegiatan pengelolaan keuangan Dinas Perhubungan;
  • menghimpun dan menyusun bahan pertanggungjawaban keuangan Dinas Perhubungan;
  • menerima, meneliti, dan menguji kelengkapan serta memproses Surat Permintaan Pembayaran (SPP) yang diajukan oleh Bendahara;
  • melaksanakan proses penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM):
  • menghimpun bahan dan menyusun laporan keuangan Dinas Perhubungan;
  • melakukan analisis dan evaluasi nilai dan manfaat aset Dinas Perhubungan;
  • mencatat, membukukan dan menyusun akuntansi aset Dinas Perhubungan;
  • mencatat, membukukan dan menyusun akuntansi aset persediaan Dinas Perhubungan;
  • memberikan bimbingan dan konsultasi teknis penyusunan laporan dan bahan pertanggungjawaban keuangan terhadap¬†Unit Kerja Dinas Perhubungan;
  • mengkoordinasikan tugas Bendahara;
  • mengkoordinasikan penyusunan laporan keuangan Sekretariat; dan
  • melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan keuangan Dinas dan tugas Subbagian Keuangan.