Pemprov DKI Jakarta Meresmikan Bus Sekolah Untuk Penyandang Disabilitas

Pemprov DKI Jakarta Meresmikan Bus Sekolah Untuk Penyandang Disabilitas

Pemprov DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan pelayanan transportasi yang inklusif bagi warga Jakarta. Pj Gubernur DKI Jakarta, Bapak Heru Budi Hartono di dampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Bapak Syafrin Liputo meresmikan operasional 5 (lima) unit Bus Sekolah ramah disabilitas pada Rabu, (17/01/2024).

Pengoperasian bus ramah disabilitas ini tersebar di 5 (lima) wilayah DKI Jakarta yang akan melayani peserta didik disabilitas dengan rute layanan sebagai berikut:

  1. Plumpang – Sunter Kemayoran
  2. Rorotan – Marunda
  3. Kalideres – Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) Kebayoran Baru
  4. Lubang Buaya – Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) Kebayoran Baru
  5. Muara Baru – Yayasan Penyandang Anak Cacat (YPAC) Kebayoran Baru

Angkutan bus sekolah yang disediakan bagi anak didik penyandang disabiltas ini telah dilengkapi dengan fasilitas dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Bus disabilitas menggunakan mesin teknologi Euro 4, gas buang emisi rendah dengan Vin 2023
  2. Bus Disabilitas menggunakan teknologi alat pengangkat kursi roda dengan sistem hidraulik untuk meringankan dalam mendukung pergerakan siswa penyandang tuna daksa keluar masuk ke bus
  3. Dilengkapi Dengan Pengunci Kursi Roda
  4. Dilengkapi Dengan Guildng block/Karpet Lantai Pemandu
  5. Dilengkapi Dengan Voice Announcers
  6. Dilengkapi Dengan Running Text (Papan Informasi) Untuk Penunjuk Rute
  7. Dilengkapi GPS Tracker Yang Berfungsi Untuk Menunjukan Posisi Bus
  8. Dlengkapi CCTV Untuk Memantau Pergerakan Didalam Dan Diluar Bus
  9. Dilengkapi dengan audio yang berbasis android
  10. Dilengkapi dengan televisi untuk menayangkan konten edukasi
  11. Dilengkapi emergency button di pintu dan alat pengangkat kursi roda dengan sistem hidraulik untuk keamanan dan kenyamanan pengguna layanan bus disabilitas.

Bapak Kadishub  DKI Jakarta mengatakan, penyediaan lima unit armada bus sekolah khusus penyandang disabilitas yang mulai dioperasikan pada tanggal 17 Januari 2024 sesuai identifikasi awal jumlah siswa disabilitas menuju ke 3 (tiga) sekolah berkebutuhan khusus di Jakarta dan akan menambah armada bus sekolah berkebutuhan khusus pada tahun 2025, melakukan evaluasi dari pelaksanaan operasional selama tahun 2024. Dengan hadirnya Angkutan Bus Sekolah bagi penyandang disabilitas ini, Pemprov DKI Jakarta akan berupaya untuk membangun Jakarta sebagai kota yang ramah  bagi penyandang disabilitas serta memberikan pelayanan bagi anak-anak penyandang disabilitas dalam menjalankan aktivitas menuju sekolah dengan mudah, aman dan nyaman.

Diterbitkan

Add a Comment

Your email address will not be published.