Kesiapan Dishub Provinsi DKI Jakarta Dalam Penyelenggaraan

Kesiapan Dishub Provinsi DKI Jakarta Dalam Penyelenggaraan

Menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Dishub DKI Jakarta telah mempersiapkan perencanaan penyediaan di bidang transportasi maupun pengamanan lalu lintas. Dishub DKI Jakarta juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan pihak pemangku kepentingan terkait dalam mempersiapkan angkutan di momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Dishub DKI Jakarta dengan sarana dan prasarana di 4 (empat) terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Terminal Terpadu  Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres dan Terminal Tanjung Priok. Sedangkan untuk terminal bantuan terdapat di Lebak Bulus, Grogol dan Muara Angke.

Puncak arus mudik libur natal 2023 diprediksi akan terjadi pada 22 s/d 24 Desember 2023 dan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 26 s/d 27 Desember 2023. Sedangkan puncak arus mudik libur tahun baru diprediksi akan terjadi pada 29 s/d 31 Desember 2023 dan puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada 1 s/d 2 Januari 2024. Petugas Dishub DKI Jakarta  sudah mulai melakukan beberapa antisipasi menjelang Nataru. Salah satunya mempersiapkan jalur arus mudik dan puncak arus balik, dengan melakukan koordinasi secara intensif melalui kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan bersama pihak stakeholders. Selain itu, potensi hujan dengan intensitas deras masih terjadi di berbagai wilayah Indonesia khususnya DKI Jakarta , sehingga perlu diwaspadai dan diantisipasi agar tidak mengganggu pelaksanaan libur Nataru 2023/2024.

Antisipasi penanganan banjir dan rekayasa lalu lintas akibat genangan air yang menyebabkan jalanan tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor perlu dilakukan penangan secara optimal serta melaksanakan koordinasi dengan  pihak terkait di beberapa wilayah rawan banjir seperti: Kembangan, Palmerah, Tomang, Sawah Besar, Tanah Abang, Gambir, Kebayoran Lama, Pondok Indah, Cilandak, Kelapa Gading, Sunter Agung, Marunda, Cawang, Kampung Melayu dan Kebon Pala.

Dishub DKI Jakarta juga sudah mempersiapkan angkutan nataru 2023 disektor perairan ke Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta Utara, sarana prasana penunjang dan pelayanan terbaik kepada calon penumpang yang akan melaksanakan perjalanan ke Pulau Seribu, warga Kepulauanan Seribu, wisatawan lokal atau asing sudah dapat memesan pembelian tiket kapal untuk liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.  

Diterbitkan

Add a Comment

Your email address will not be published.