Etika Saat Menggunakan Transportasi Umum

Etika Saat Menggunakan Transportasi Umum

(ilustrasi gambar bus wisata Jakarta)

Transportasi umum atau transportasi publik adalah angkutan jalan secara berkelompok  yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat yang terjadwal dan rutenya sudah ditetapkan. Transportasi umum menjadi pilihan bagi orang-orang yang tidak menggunakan kendaraan sendiri untuk bepergian ke suatu tempat.

Di Indonesia khususnya Jakarta, sekarang ini sudah banyak pilihan transportasi umum, mulai dari MRT, LRT Jabodebek, LRT Jakarta, Transjakarta, Microtrans, KRL Commuter Line, dan lainnya. Maka, sudah banyak orang yang memilih untuk menggunakan transportasi umum karena aksesnya yang mudah. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit daripada membawa kendaraan pribadi yang harus menyediakan uang bensin, uang tol, dan kebutuhan lainnya. 

Sebelum TemanDishub naik transportasi umum, kamu harus mengetahui etikanya terlebih dahulu yang masih banyak orang yang belum tahu ataupun menganggap sepele. Supaya TemanDishub tidak melakukan kesalahan tersebut, berikut beberapa etika saat menggunakan transportasi umum, antara lain:

  • Dahulukan penumpang yang akan turun terlebih dahulu. Saat turun dari kendaraan umum, turunlah secara teratur. Sebaiknya Teman Dishub memberikan kesempatan kepada penumpang yang akan turun terlebih dahulu agar tidak saling bertabrakan. Hindarilah kebiasaan menunggu pintu di depan pintu terbuka, karena itu akan menghalangi penumpang yang akan turun.
  • Eskalator bagian kiri untuk diam sedangkan bagian kanan untuk jalan. Sudah menjadi aturan umum kalau jalanmu lambat, jalanlah di sebelah kiri jangan di kanan apalagi di tengah.
  • Utamakan tempat duduk prioritas. Jika Teman Dishub masih bisa berdiri, jangan lupakan hal ini. Teman Dishub diharapkan memberikan tempat duduk kepada yang lebih membutuhkan, seperti lansia, ibu hamil, ibu membawa balita dan juga anak-anak. Jadi, tidak ada salahnya jika memberikan tempat duduk kepada penumpang yang lebih membutuhkan.
  • Tidak membuang sampah sembarangan. Membuang sampah sembarangan merupakan hal yang tidak dapat dibenarkan. Selain menyebabkan kotor dan mengeluarkan bau tidak sedap, membuang sampah sembarangan juga merugikan lingkungan.
  • Tidak melakukan hal yang mengganggu orang lain. Terman Dishub juga harap memperhatikan kenyamanan penumpang lain, seperti tidak berbicara keras secara langsung ataupun via telepon, duduk di lantai, membawa makanan yang beraroma tajam, merokok, dan lain sebagainya. 
  •  Wajib antri dengan tertib. Hal ini juga berlaku di tempat-tempat umum lainnya. Walaupun sedang dikejar- kejar waktu, budayakanlah tertib dan teratur untuk tidak menyerobot antrian.

Teman Dishub sudah tahu kan apa saja yang harus dilakukan ketika naik transportasi umum? Jadi, yuk sama-sama menerapkan etika yang ada agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain dan tidak merugikan diri sendiri. Jangan lupa untuk memilih menggunakan transportasi umum ya!

Diterbitkan

Add a Comment

Your email address will not be published.