Tips Nyaman Menggunakan Transportasi Umum

Tips Nyaman Menggunakan Transportasi Umum

(Illustrasi gambar transportasi umum Jakarta)

Pilihan transportasi umum di Jakarta sudah sangat banyak, mulai dari Transjakarta, MRT, KRL, LRT Jabodebek, LRT Jakarta, dan sebagainya. Namun, bagi sebagian orang menganggap naik transportasi umum cukup melelahkan dan tidak praktis. Sebenarnya naik transportasi umum justru lebih praktis, mudah, dan juga tidak lebih melelahkan dari pada bawa kendaraan pribadi. Saat kita naik transportasi  umum, kamu tinggal menikmati perjalanan tanpa perlu capek mengendarainya. Namun, sebelumnya kamu harus tahu dulu apa saja yang harus kamu lakukan kalau naik transportasi umum. 

Banyak manfaat yang diberikan dengan menggunakan transportasi umum, bukan untuk diri sendiri saja, tetapi juga untuk negeri. Selain dapat menghemat biaya, naik transportasi umum juga dapat mengurangi tingkat kemacetan, polusi udara, dan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan yang sering dialami oleh pengguna kendaraan pribadi. Apalagi, sekarang ini tingkat polusi udara sudah semakin meningkat dengan kontribusi paling banyak yang dihasilkan dari pembakaran hasil kendaraan bermotor. 

Dengan kita menggunakan transportasi umum, dapat menghemat bahan bakar minyak yang digunakan untuk beberapa jenis kendaraan. Jika semua orang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, maka produksi bahan bakar dari minyak bumi akan semakin banyak. Untuk itu, kamu bisa mengubah kebiasaan kamu naik kendaraan pribadi menjadi menggunakan transportasi umum. Agar kamu nyaman menggunakannya, ada nih beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat menggunakan transportasi umum, antara lain:

  • Perhatikan letak barang-barang penting milikmu. Sebaiknya kamu tidak meletakkan barang berharga kamu sembarang, tetapi taruh di tas agar lebih aman dan nyaman.
  • Jangan sungkan untuk meminta kursi prioritas. Jika kamu ada dalam kondisi yang kurang prima, ibu hamil, lansia, atau membawa anak kecil, sedangkan ada orang yang menduduki kursi prioritas dengan keadaan bugar dan bukan seperti yang telah disebutkan, kamu bisa meminta untuk duduk kursi prioritas. 
  • Jangan takut untuk bertanya. Jika kamu ada kesulitan dalam mencari arah, waktu kereta, atau sebagainya, sebaiknya kamu langsung tanyakan kepada petugas ataupun sesama pengguna agar tidak nyasar dan tidak salah. 
  • Selalu sedia aplikasi maps. Sekarang ini sudah banyak pilihan aplikasi maps, kamu sebagai pengguna transportasi umum bisa menggunakan maps untuk mendapatkan petunjuk arah ke tempat yang mau kamu tuju agar tidak sesat jalan.
  • Siapkan uang tunai maupun non-tunai. Zaman sekarang ini sudah banyak menggunakan e-wallet/KUE (Kartu Uang Elektronik)/Aplikasi Jaklingko agar lebih praktis dan mudah. Namun, kamu harus tetap menyediakan uang tunai untuk berjaga-jaga jika diperlukan.  
  • Lakukan pencarian tentang transportasi umum yang akan digunakan. Sebelum kamu menggunakan transportasi umum, kamu harus mencari informasi terlebih dahulu lewat aplikasi transportasi publik. Kamu bisa mendapatkan informasi tentang rute, harga, jadwal keberangkatan, dan keberadaan transportasi yang mau kamu gunakan lewat aplikasi, seperti MyMRTJ, KRL Acces, Aplikasi Jaklingko, dan sebagainya. 
  • Selalu waspada dan hati-hati. Saat menggunakan transportasi umum, kamu harus fokus dan memperhatikan sekitar. Jangan sampai lalai!

Itu adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan jika naik transportasi umum. Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat membantu kamu beraktivitas di luar ruang dengan nyaman dan aman dengan transportasi umum.

Diterbitkan

Add a Comment

Your email address will not be published.