Groundbreaking LRT Velodrome-Manggarai Fase 1B Resmi Dimulai

Groundbreaking LRT Velodrome-Manggarai Fase 1B Resmi Dimulai

Groundbreaking proyek LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai dilaksanakan di kawasan stasiun Velodrome, Pulogadung Jakarta Timur (30/10/2023). Menteri Perhubungan RI, Bapak Budi Karya Sumadi bersama Pj Gubernur DKI Jakarta, Bapak Heru Budi Hartono, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Bapak Syafrin Liputo beserta Stakeholders terkait melaksanakan Ground breaking (Peletakan Batu Pertama) dengan penekanan sirine dan berjalannya alat berat bore pile.

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1 B Velodrome-Manggarai ini, diperkirakan menelan dana Rp 5,5 triliun dan direncanakan dengan bentang jalur sepanjang 6,4 km dengan 5 stasiun yaitu :

  1. Stasiun Pemuda Rawamangun
  2. Stasiun BPKP
  3. Stasiun Pramuka
  4. Stasiun Matraman
  5. Stasiun Manggarai

LRT Jakarta Fase 1A dan 1B akan memiliki total rute dengan panjang 12,2 km. Sedangkan menurut Menteri Perhubungan nantinya jarak tempuh akan dilalui selama 26 menit dan akan terintegrasi dengan stasiun Manggarai dan halte Transjakarta Manggarai, penumpang juga dapat turun dan melanjutkan perjalanan menaiki kereta commuter line dan kereta jarak jauh. Tahap pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ditargetkan akan selesai pada tahun 2024 dan dilanjutkan ke Manggarai dengan target selesai pada tahun 2026, yang diharapkan pada September 2024 sudah dapat beroprasi dari Velodrome-Pramuka. Bapak Syafrin Liputo mengatakan, keberadaan LRT Jakarta merupakan sebagai salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta dalam pembangunan trasportasi umum massal yang terintegrasi yang dapat menarik minat masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum sehingga mampu mengurangi angka kemacetan

Diterbitkan

Add a Comment

Your email address will not be published.