Kenali Terminal Bus Sejak Dini, Dishub Fasilitasi Kunjungan Siswa – Siswi TK di Terminal Terpadu Pulo Gebang

Kenali Terminal Bus Sejak Dini, Dishub Fasilitasi Kunjungan Siswa – Siswi TK di Terminal Terpadu Pulo Gebang

Jakarta- Terminal Terpadu Pulo Gebang telah menjadi area publik yang terbuka untuk kunjungan kelompok belajar maupun taman kanak kanak (TK). Hal ini karena kunjungan anak-anak usia dini ke terminal bus dapat memberikan manfaat baik dari segi pendidikan maupun sosial. 

Selasa (07/11/2023) dan kamis (09/11/2023) kemarin, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melalui UP Terminal Terpadu Pulo Gebang (UP TTPG) menerima kunjungan dari 61 siswa dan siswi KB-TK Tahfizul Qur’an Al Izzah Pekayon, Bekasi, Jawa Barat. Kunjungan ini diharapkan dapat membantu anak-anak memahami bagaimana transportasi umum berfungsi.

Dalam kunjungan ini, para peserta didik diajak untuk melihat berbagai jenis bus, sistem tiket, proses naik turun penumpang, hingga menaiki bus. Mereka juga diberikan edukasi tentang transportasi umum terutama terminal bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari. Pada hari pertama, kegiatan dibuka oleh Bapak Junaedi selaku Kepala Subbagian Tata Usaha UP TTPG. Adapun di hari kedua, kegiatan dibuka oleh Bapak Hendra Kurniawan selaku Kepala Satuan Operasional dan Ibu Umi Hindayanti selaku Kepala Satuan Kemitraan Informasi UP TTPG.

Dalam pembelajaran ini, terdapat mini games berupa  sesi tanya jawab tentang peran dan fungsi bus dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu, para siswa-siswi diajak untuk mengelilingi Terminal Terpadu Pulo Gebang menggunakan Bus AKAP. Tujuannya adalah agar mereka bisa melihat keseluruhan Terminal Pulo Gebang seperti area keberangkatan dan area pool pengendapan Bus AKAP.

“Anak-anak (siswa-siswi TK) ini kita dampingi dan berikan pengenalan terkait terminal dan fasilitas di dalamnya. Kemudian, mereka diberitahu (cara) melakukan perjalanan menggunakan bus dengan menggunakan tiket. Mereka kita antar menuju mezzanine checkpoint kemudian menuju gate, lalu mereka menuju lantai 2 keberangkatan dan mengantre kemudian masuk ke Bus,” ujar Bapak Junaedi selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha UP TTPG.

Kegiatan itu dilakukan tujuannya agar anak anak lebih mengenal terminal yang selama ini sebagai tempat naik dan turunnya penumpang bus. Kunjungan ke terminal bus akan menjadi pengalaman yang berharga bagi anak-anak. Oleh karena itu, yuk ajak sekolahmu berkunjung dan mengenal lebih jauh terminal-terminal yang ada di Jakarta!

Diterbitkan

Add a Comment

Your email address will not be published.